Minggu, 27 Mei 2012

Perjanjian Catharina



Perjanjian Kucuk Kaynarca (juga dieja Kuchuk Kainarji) atau disebut juga Perjanjian Catharina adalah perjanjian perdamaian yang ditandatangani pada tanggal 21 Juli 1774 (sumber lain menyebut, 10 Juli 1774) di desa Kucuk Kaynarca (hari ini Kaynardzha, Bulgaria) antara Kekaisaran Rusia dan Daulah Utsmani (Ottoman Empire). 

Dokumen tersebut mengakhiri Perang Rusia-Turki 1768-1774 dan menandai kekalahan Daulah Utsmani dalam perjuangan mereka melawan Rusia. Rusia diwakili oleh Field-Marsekal Rumyantsev sementara Utsmani diwakili oleh Musul Zade Mehmed Pasha. Saat perjanjian itu dibuat, Rusia berada di bawah pemerintahan Ratu Catherine II sedang Daulah Utsmani pemimpinnya (khalifah) adalah Mustafa III.
Isi perjanjian tersebut diantaranya :
  1. Rusia mengembalikkan Wallachia & Moldova, setelah berhasil ditaklukkan Rusia, namun juga tetap diperkenankan untuk turut campur dalam pemerintah 2 daerah tersebut.
  2. Rusia berhak mendirikan konsulat di seluruh wilayah Utsmani sekaligus melindungi kepentingan Kristen Ortodox di wilayah-wilayah tersebut.
  3. Utsmani menanggung sebagian besar biaya perang Rusia, sebesar 4,5 juta rubbel.
  4. Rusia diberikan hak untuk menguasai seluruh pelabuhan di Laut Azov (yang menghubungkan perniagaan di Laut Hitam) & Muara Sungai Danube.
  5. Kapal dagang Rusia diperbolehkan untuk melintasi selat Dardanella (yang pernah dilarang sejak tahun 1739)
Akibat dari perjanjian ini, daulah Utsmani kehilangan pengaruh terhadap wilayah Eropa Tengah dan Timur, yang akhirnya dikuasai Rusia. Agama kristen dengan mudah memasuki wilayah-wilayah daulah Islam saat itu,



Sumber : wikipedia, answer

4 komentar:

  1. tulisan yang bagus sekali, boleh tahu sumbernya admin? terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  2. Di perjanjian no 3 turki usmani menanggung sebagian besar biaya perang rusia sebesar 4,5 juta Rubbel, rubbel itu mata uang negara mana ya?, kalo turki usmani, dinar dan dirham ya?

    BalasHapus